Media Promosi Alternatif: Blog

Produk yang menjadi barang untuk dijual dalam dunia bisnis dan kewirausahaan, membutuhkan banyak upaya dalam memperkenalkan kepada publik konsumen. Dengan dikenal oleh publik, produk yang dijual tentunya memiliki potensi untuk dibeli dan terserap oleh pasar. Upaya mengenalkan produk kepada konsumen bisa dengan beragam cara, baik berupa cetakan (material fisik) maupun dalam bentuk digital. 

MATERIAL PROMO
Material promo dalam bentuk fisik di antaranya brosur, flyer, pamflet, iklan majalah, iklan koran, dan lain sebagainya. Sementara itu, materi iklan promo dalam bentuk digital pun memiliki ragam yang variatif. Melalui platform media sosial, bentuk pamflet digital disebar. Termasuk dalam bentuk video yang kini bisa terpampang di platform media hiburan seperti youtube atau vidio. Menariknya di platform digital, selain kemudahan dalam proses pembuatan, juga ada kemudahan dalam proses penyebarannya. Tinggal memilih di platform berbayar atau gratisan dalam mengiklankan atau mengenalkan produk. 

GRATIS ATAU BERBAYAR
Pada platform berbayar, materi iklan grafis atau video bisa menggunakan jasa periklanan media sosial besar seperti Instagram dan facebook serta Youtube atau Vidio. Meski memiliki layanan berbayar, hampir seluruh platform sosial media tersebut tetap mengijinkan penggunanya untuk mengiklankan secara gratis tak berbayar sedikitpun. Hanya saja, yang tak berbayar, sebaran promosinya tidak memiliki amplifikasi yang kuat dibandingkan dengan layanan berbayarnya. Mengandalkan sepenuhnya popularitas pemilik akun dengan jumlah follower atau pengikutnya.

BLOG SEBAGAI ALTERNATIF
Dari sekian banyak platform media sosial, blog memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Selain bisa dijadikan sebagai media promo dalam bentuk galeri produk, blog bisa dijadikan sebagai toko online. Baik itu menggunakan sistem pembelian dan pembayaran terintegrasi atau terpisah tanpa layanan pembelian dan pembayaran. Blog lebih customize dalam membentuk citra produk dengan menampilkan gambar dan narasi tanpa batas. Membangun brand image sebuah produk atau perusahaan dapat lebih powerful (meski tak mudah) dengan narasi panjang benefit produk dibandingkan dengan produk sejenis di pasaran.

Blog sendiri beragam jenisnya tergantung penyedia layanannya. Ada yang berbayar ada yang gratisan. Yang berbayar memiliki fitur lengkap yang tingkat pengelolaannya yang juga tidak mudah dengan kelengkapan fiturnya, sementara yang gratisan dengan keterbatasan fitur, tentu lebih sederhana dalam pengelolaannya. Sehingga, dengan blog gratisan, rerata pemilik produk lebih memfokuskan pada membangun brand image ketimbang membuat menjadikannya sebuah toko online.

Beberapa penyedia layanan blog populer di antaranya adalah blogspot, wordpress, dan tumblr. Dari ketiganya, yang terintegrasi dengan email pengguna adalah blogspot yang merupakan salah satu layanan yang diakuisisi oleh google. Sehingga dengan satu email bisa mendapatkan segudang layanan tanpa bayar dari Google.

sumber gambar: https://www.accfb.org/about-us/news-publications/blog/blog-icon/

Komentar